POLIGAMI

oleh Jaiman

Poligami adalah seorang laki-laki atau suami mengawini perempuan lebih dari satu. Jadi dalam hal ini seorang laki-laki kawin dua, tiga dan seterusnya. Dalam perspektif hukum di Indonesia poligami diperbolehkan dengan persyaratan tertentu, misalnya istri mengalami sakit berkepanjangan sehingga tidak memungkinkan untuk melayani suaminya. Walaupun diperbolehkan dalam perspektih hukum, sesungguhnya yang dikehendaki oleh UU perkawinan adalah monogami, yaitu seorang laki-laki kawin dengan seorang perempuan.

Dalam pespektif agama, misalnya Agama Islam, poligami diperbolehkan sampai empat. Yaitu seorang laki-laki boleh mengawini perempuan satu, dua, tiga atau empat. Tetapi jangan keliru, bahwa untuk berpoligami membutuhkan persyarat yaitu adil. Apakah adil saja cukup? Tentu saja adil yang dimaksud di sini bermakna luas. Adil dalam hal materi, adil pembagian waktu, adil perhatian, adil belanja jasmani rohani. Bagi laki-laki yang tidak bisa adil maka sebaiknya kawin dengan satu saja.

Pertanyaanya sekarang adalah, apakah anda bisa berbuat adil? Jawabannya sangat relatif. Adil menurut siapa, saya bisa adil. Kalau tidak mungkin dilakukan, mengapa Tuhan menurunkan perintah seperti itu? Di sinilah titik krusialnya. Bahwa keadilan seorang laki-laki dipertanyakan.

Di beberapa daerah poligami menjadi status simbul. Di daerah tradisional seperti Madura, Pesisir Utara Jawa, banyak Kyai yang mengawini lebih dari satu perempuan. Bahkan perempuan-perempuan ini bangga dan hidup rukun diantara mereka. Realitasnya mereka bisa berpoligami dengan baik. Bagaimana dengan anda?

Apakah anda ingin berpoligami, atau pernah terlinta keinginan berpoligami? Ya, pernah. Suatu saat anda pernah berpikir poligami pasti enak. Bagaimana tidak enak. Istri dua berarti lebih banyak orang yang melayani, tidak mengalami kesulitan kalau salah seorang istri menstruasi dan seterusnya. Intinya semua yang enak terbayang di benak kita “Punya istri dua lebih baik daripada satu. Punya istri tiga lebih enak daripada dua dan seterusnya”. Mungkin istilah mudahnya “Lebih banyak lebih enak”.

Kalau anda berpoligami bagaimana perasaan istri pertama? Apakah anda pernah menanyakan hal ini kepada dia? Apakah dia dengansenang hati menerima kehadiran orang lain yang mengambil sebagian haknya? Bagaimana dengan anak-anak, apakah anak-anak mendukung, apakah mereka baik-baik saja? Mari kita cermati lebih lanjut.

POLIGAMI ADALAH SOLUSI DARURAT

Sebuah bangunan yang baik memiliki emergency exit. Fungsinya sebagai pintu darurat apabila ada kebakaran atau bencana alam. Pintu darurat harus diinformasikan kepada semua orang yang ada di sana supaya mereka tahu bahwa dalam kondisi darurat bisa menggunakan pintu tersebut. Di pesawat terbang juga demikian. Emergentu door ditulis jelas dan diinformasikan kepada semua penumpang bahwa dalam kondi darurat gunakanlah pintu tersebut.

Poligami juga demikian.apabila istri dalam kondisi darurat dan tidak bisa menjalankan fungdsi normal silahkan gunakan jalur tersebut. Tetapi kalau kondisinya baik-baik saja, kenapa menggunakan pintu darurat.

Anda boleh tidak sepakat karena hukum poligami dalam perspektif Islam bisa kontraversi

PRO KONTRA POLIGAMI

Tidak semua perempuan anti poligami dan tida semua laki-laki pro poligami. Pespektif poligami benar-benar subyektif, tergantung pola keyakinan dan pikir masing-masing orang.

Seorang perempuan di sebuah situs mengatakan, seharusnya perempuan tidak perlu takut dengan poligami. Ada sisi positif yang selama ini luput dari kesadaran perempuan. Dengan poligami tugas perempuan makin ringan, mengurus suami dan rumah. Mereka bisa saling kerjasama.

Bahkan di Bandung tahun 2009 dilaksanakan konferensi Club Poligami yang anggotanya mencapai 300 orang. Beberapa orang terang-terangan mendukung poligami dan akan segera join dengan club ini. Sementara yang lain ada yang mencibir, tidak manusiawi, melanggar HAM, merendah martabat perempuan dan sebagainya.

Benarkan poligami merendahkan derajat perempuan?

Testimoni poligami oleh seorang ibu,

Sebenarnya klo dilihat dari sudut pandang lain, poligami justru meringankan beban dan mengangkat derajat kaum wanita (jgn protes dulu, aku juga wanita tulen). Coba ditelaah dengan hati dingin dulu, dengan poligami wanita diringankan beban dalam melayani kebutuhan2 suami karena ada kerjasama dari istri2 yang lain. Poligami jugalah alternatif lain tuk mengangkat derajat kaum wanita yang belum mempunyai suami karena banyaknya jumlah perempuan dibanding laki-laki. Belum lagi klo bicara janda2 miskin yang perlu ditolong karna kematian suaminya. Dan masih banyak hal POSITIF lain yang justru mencerminkan akhlak bahkan keimanan kita (wanita) sebagai hamba Allah yang taat.
Masalah adil dan keadilan, itu gampang. Keadilan terjadi jika masing2 memahami posisi dan porsinya. Menuntut adil yang bagaimana kepada manusia yang di-nash tempat salah dan khilaf? Kepada Allah yang Maha Adil saja tekadang kita masih berburuk sangka. Kesimpulannya, laki2 tidak akan bisa adil dan dianggap adil jika kita yang perempuan selalu memandang poligami dari negatifnya saja.

Pertama, harus dipahami betul2 bahwa poligami bisa dilakukan atas ijin dari pihak istri. Jgn main ‘slenong boy’ aja, tahu2 sudah banyak istri simpanannya. Itu sih Zina namanya.
Kedua, perkuat dan perjelas alasan yang menyebabkan ingin berpoligami, tapi jangan dicari-cari. Sek bukanlah alasan kuat karena masalah diatas kasur itu bisa didiskusikan baik2 agar kedua pihak sama2 bisa menikmatinya. Usia dan kecantikan juga kebohongan besar, karena istri muda pun akan menjadi tua dan keriput juga. Keturunan juga bukan alasan urgen. Masih banyak contoh mereka yg diberi amanah anak justru menelantarkan mereka. intropeksi diri kenapa belum dikaruniai anak, sudahkah anda siap dengan amanah yang satu ini? Juga tentang sunah Rosul, yang dimaksud sunnah Rosul bukan pada jumlahnya melainkan pada alasannya kenapa beliau menikah lagi. Jadi, bagi para suami/laki2 pikirkan kembali sebelum berpoligami, apakah akan membawa kemaslahatan atau justru menjadikan anda orang yang dholim yang menyeret anda ke jurang api neraka.

Poligami adalah produk budaya bukan produk agama Islam. Islam hanya mengatur dan membatasi poligami sehingga poligami menjadi sebuah solusi dalam hidup. Ibarat pisau, poligami bisa berguna sebagai alat bantu manusia, juga bisa untuk menyakiti manusia…tergantung moral penggunanya.

Poligami bukanlah sebuah kejahatan tapi sebuah tanggung jawab sosial…ber-ZINA-lah yang pantas disebut kejahatan, pelakunya adalah seorang pengecut dan hasilnya adalah HARAM.

Masalah Poligami hanya bisa dihakimi kasus per kasus. Karena sebagai sebuah solusi, poligami masih dibutuhkan oleh manusia..mungkin bukan buat anda atau bukan di wilayah yang mendewakan monogami adalah HARGA MATI.

KEBAJIKAN ADALAH AMAL SHOLEH

Oleh : http://www.topspeedhelmet.com

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa (QS,2:177)

Saya membuka diskusi kali ini dengan sebuah intisari dari Firman Allah Swt. Kalau boleh saya membuat penafsiran bebas, intisari dari firman ini adalah pernyataan Tuhan,  bahwa kesejatian orang yang baik bukan dilihat dari ketekunannya melaksanakan sholat, melainkan amal ibadah yang menjadi tolak ukur apakah seseorang dikatakan baik atau belum. Ada kalanya seseorang sangat tekun sholat tetapi pelit terhadap tetangga, suka berkata kasar, mengingkari janji, menyebarkan  fitnah, membentak anak yatin, tidak bersedekah dan seterusnya. Kalau ini yang terjadi, maka Tuhan yang akan membalasnya.

Masih menarik mendiskusikan kata ’menghadapkan wajahmu ke barat dan ke timur’. Sahabatku, makna Firman Allah ini cukup jelas, bahwa yang dimaksud Tuhan ”menghadapkan wajah ke barat dan ke timur” adalah kata ganti sholat. Orang yang melaksanakan sholat wajib menghadap ke kiblat. Orang yang bertempat tinggal di sebelah barat Makkah, misalnya Afrika, Eropa dan Amerika, kalau sholat menghadap ke timur yaitu ka’bah. Sedangkan orang yang posisinya di sebelak timur Makkah akan menghadap ke barat, seperti negara-negaea di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Sangat hebat apabila anda sholat dengan tekun, apalagi tepat waktu dan berjamaah. Amalan ini adalah ideal sebagaimana dicontohkan Rasulullah Muhammad SAW. Allah juga menjanjikan pahaka  berlipat-lipat bagi yang menjalankan secara jamaah, tetapi ingat Islam bukan hanya sholat. Islam lebih luas dan mencakup segala aspek hidup manusia. Islam mengatur manusia cara hidup yang baik dan benar. Islam mengatur hubungan dengan Sang Pencipta dengan harmonis. Oleh sebab itu diwajibkan kepada manusia untuk bekerja keras untuk mengejar materi dunia. Ingat mengejar harta dunia wajib hukumnya supaya manusia bisa menjalankan tugas dan fungsinya memakmurkan dunia dan alam semesta.

Good luck….

Jaiman

10 PERKARA MENGHALANGI DO’A

Oleh : Jaiman http://www.topspeedhelmet.com

Seorang penduduk Basrah bertanya kepada seorang ulama bernama, Ibrahim bin Adham, “ Wahai Tuan, Bukankan Tuhan telah berfirman dalam Surat Al Mukmin: 60, “Mintalah kepadaKu pasti dikabulkan”.

“Kami telah berdo’a bertahun-tahun tetapi tidak ada hasilnya. Tolong jelaskan sebabnya?”

Maka Ibrahim berkata, “Wahai penduduk Basrah, dari mana do’amu akan dikabulkan Tuhan sementara mata hatimu tersumbat oleh 10 perkara:

  1. Kamu mengenal Allah, tetapi tidak mau menunaikan hak-haknya yang wajib kamu kerjakan
  2. Kami baca Al Qu’an, tahu maknanya  tapi tidak mengamalkannya
  3. Kamu akui syaitan sebagai musuhmu, tapi kami patuhi dan mengikuti ajakannya
  4. Kami mengajui sebagai umat Nabi Muhammad, tapi tidak pernah mengamalkan sunnahnya
  5. Kami mengharap masuk surga tapi tidak berusaha untuk ke sana
  6. Kami berharap bebas dari neraka tapi tindakannmu justru menuju ke sana
  7. Kami yakin, maut akan datang tapi tidak mempersiapkan diri menghadapinya
  8. Kami sibuk mengoreksi orang lain, tapi kami melupakan diri memperbaiki diri sendiri
  9. Kami makan minum dari rejeki Tuhanmu tapi kami tidak pernah mensyukurinya
  10. Kami mengubur mayat teman-temanmu tapi tisak pernah mengambil pelajaran daripadanya.

Adakah diantara kita yang memiliki sifat-sifat demikian? Saudaraku muslimin wa muslimat yang dirahmati Allah ta’ala. Adalah Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Allah, Robbul a’lam tidak ada sekutu bagiNya. Kekuasaanya meliputi jagad raya. Oleh sebab itu hanya kepada Allah kita bermohon, berdo’a dan menggantungkan semua urusan. Tapi ingat, Allah punya aturan. Allah adalah Tuhan yang hak dan hanya Dia yang patut disembah sebagai hak-Nya. Oleh sebab itu kita wajib menyembah hanya kepada Dia. Sudahkan anda hanya menyembah Allah Robbul a’lamin dan tidak menjadikan apapun sebagai sekutu?

Sobat…. demikianlah, Allah punya hak, dan hak Allah ini menjadi kewajiban kita untuk memenuhinya.

Allah memberikan berita kepada manusia lewat Al’Qur’an. Isinnya jelas dan bisa dilaksanakan. Allah yang menciptakan manusia, oleh sebab itu Allah tahu persis luar dalamnya manusia.  Apa yang menyulitkan anda bertauhid hanya kepada Allah, sementara nikmatnya demikian nyata, bisa anda lihat dan rasakan dengan paca indera? Apa sulitnya anda mendirikan sholat lima waktu, sementara Tuhan melapangkan waktu 24 jam sehari semalam? Apakah Tuhan mengambil bagian yang banyak dari hartamu, sementara kewajiban zakatmu hanya 2,5 persen saja ? Apa yang menyebabkan engkau enggan pergi ke Baitullah, sementara harta dan waktu tersedia cukup? Sekali lagi, Allah tidak mengambil dari milik manusia, kecuali sedikit dari nikmat yang melimpah tidak terhitung. Allah Maha Kaya. Sudahkan anda mengetahuinya lalu menjalankan dengan penuh ihklas?

Sahabat… amatlah beruntung anda sebagai umat Nabi Muhammad SAW. Seorang nabi dan rasul terakhir bagi umat manusia. Nabu Muhammad yang memberikan pelajaran dan teladan. Apa-apa yang dilakukannya semata0mata atas perintah Alah ta’ala. Ini berarti bahwa mengikuti sunnah nabi sama dengan menunaikan perintah Allah. Apakah anda mengalami kesulitas menjalankan sunnah-sunnah Beliau? Allahua’lam….

Wassalam

Jaiman

 

HELM SNI

oleh : Jaiman

http://topspeedhelmet.com/

Nah, ini ide yang bagus. Bagaimana cara memilih helm SNI asli? SNI asli bukan ASPAL. Mengapa saya tekankan bahwa helm SNI asli? Karena pemahaman masyarakat saat ini sering kabur. Lho, nanti ujung-ujungnya mahal? Helm SNI tidak harus mahal. Ini yang perlu ditegaskan kembali, bahwa helm SNI yang ori tidak harus mahal, tetapi juga bukan asal SNI.

Di pasaran, saya pernah menjumpai helm bertimbul SNI, harganya sangat murah Rp. 60 ribu aja. Dari tekstur fisiknya kentara sekali bahwa kualitas helm ini diragukan, walaupun di batoknya tertulis logo SNI timbul. Sangat ringkih dan tidak layak pakai, nyaris seperti pake helm cetok.

Lantas bagaimana ciri helm SNI asli?

Pertama, penampilan fisik. Helm yang SNI layak berpenampilan wajar dan kuat. Batoknya dari bahan ABS, bukan plastik daur ulang. Kalau dari plastik daur ulang berarti sama dengan ember. Kalau jatuh pasti pecah. Memang agak sulit mengenali bahan batoknya, tetapi dengan meraba bagian dalam batok, lalu mengamati ebih seksama pasti anda bisa mengetahui apakah bahan ABS atau daur ulang.

Kedua, Gabus dalahnya harus tebal dan keras. Gabus dalam menjadi pelindung yang sangat  penting untuk kepala anda. Kalau terjadi kecelakaan, kepada anda terlindungi oleh gabus tersebut. Gabus yang lembek akan pecah. Oleh sebab itu pastikan bahwa gabus dalam helm yang anda beli kuat dan keras. Cara ngetesnya, tekan dengan ibu jari, apakah keras atau lembek.

Ketiga, lulus uji SNI oleh Badan Standar Nasional. Bagaimana cara mengetahuinya? Cari informasi dari media internet atau bacaan referensi lain yang terpercaya. Mudah kan?

Keempat, ini adalah beberapa jenis merk helm SNI asli, KYT, INK, MDS, BMC, HIU, Tsunami.

Selamat mencoba.

Salam

http://topspeedhelmet.com/

HELM INK T1

http://topspeedhelmet.com/

JUJUR, helm ini adalah kuda hitam paling ditunggu tunggu. Para biker mania bakal merasakan kenyamanan sempurna bersama INK T1.

Oke mari kita kupas tuntas. INK T1 diusung dengan konsep all ini helmet. INK T1 dilengkapi dengan kaca double, sehingga biker mania tidak khawatir dengan panaasnya udara dan sinar matahari yang menyengat, tinggal click turunkan kaca hitamnya, beres deh.

Kalo anda suka mejeng di mall, anda tidak perlu khawatir tu helm kesayangan digondol maling karena sudah tersedia slot gembok yang bisa anda gunakan untuk mengamankan helm tersayang.

so bungkussss…

http://topspeedhelmet.com/

 

MDS CAPELLO = HELM RETRO

oleh topspeed helmet surabaya

http://topspeedhelmet.com/

Helm retro is coming….

Hello… biker mania (BM). Kabar gembira nich…. PT TKI me-release helm retro super keren yang bakal menjadi incaran biker mania di seluruh tanah air. Ini helm namanya mds CAPELLO.  MDS CAPELLO ini emang dirancang dengan spesifikasi yang mecing bener dengan kebutuhan biker retro. BM bisa bernostalgia sambil mejeng. Bagian luar helm dibalut dengan kulit halus dengan kombinasi warna selaras. Pokoknya keren abis bro.

Mds CAPELLO terinspirasi oleh makin maraknya club motor yang sering ber touring ria sambil menikmati suasana tempo doeloe. Buat moge oke, vespa oke, motor era 70-an bikin mak nyusss. Pokoknya dijamin orang lain ngiler ler.

Pokoknya sekarang waktunya bernostalgia dengan helm retro mds CAPELLO. HELM RETRO ya MDS CAPELLO

http://topspeedhelmet.com/ 

TEMUKAN AKAR MASALAHNYA

OLEH : jaiman juragan helm surabaya

Realitasnya dalam hidup selalu ada masalah. Entah besar atau kecil, nerat atau ringan, masalah manjadi bagian dari hidup kita.  Coba Anda renungkan sejenak saat ini. masalah apa yang sedang anda hadapi? MUngkin masalah kesehatan, masalah keuangan, masalah anak, masalah orang tua, teman kerja dan seterusnya.

Sekarang yang perlu anda pahami adalah, memahami akar masalah kemudian menemukan solusinya. anda tidak bisa membuat keputusan yang baik dan benar apabila tidak memahami asal muasal masalahnya.

Menemukan akar masalah biasanya anda akan menghadapi kegamangan, karena ada beberapa kemungkinan yang saling terkait dan kita sulit mengidentifikdai akar masalah yang sebenarnya. misalnya, setiap bulan anda selalu defisit.  anda harus selalu mencari utangan koperasi untuk belaja bulanan. Beberapa teman saya mengetakan bahwa akar masalahnya adalah gaji kecil, sehingga tidak cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Nah, hal seperti ini yang sering kali menjadi jebakan dan tidak kita sadari, padahal akar masalahnya adalah gaya hidup anda yang lepas kendali. Sering belanja hal-hal yang tidak prioritas dan seterusnya. Kalau sudah ketemu akar masalahnya, maka jalan solusi adalah merubah gaya hidup..

Selamat merenung, semoga anda menemukan akar masalah anda

dari

http://www.topspeedhelmet.com


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.