TIPS MENGUATKAN NIAT SEDEKAH

Oleh : Jaiman Paiton

821983Bad Moon Rising

Kebiasaan kita adalah pada saat tidak punya uang, punya rencana banyak sekali. Kalau punya uang sejuta bakal memberi pembantu 100 ribu, juga anak yatim tetangga sebelah 50 ribu. Atau kalau uangnnya lebih banyak, misalnya 10 juta, mau bantu pembangunan masjid 500 ribu, panti asuhan 300 ribu dan seterusnya. Giliran uang ditangan, susah sekali melapas uangnya, mengapa begitu ya?

Itulah manusia. Saya tidak mengatakan anda pelit, tetapi ini adalah sifat semua manusia, giliran ada uang di tangan sangat sulit melepasnya. Bagaimana caranya supaya bisa merealisasikan niatan anda? Yang pasti tidak mudah, jangankan kita yang mendapatkan uang dengan kerja keras, orang yang dapat uang dari lotrepun bersikap sama. Artinya apa? Tidak perlu menjadi putus asah. masih ada jalan menuju Roma, bagaimana caranya?

Salah satu cara paling mudah adalah serahkan niat itu kepada orang lain, dan pesankan supaya dia mengingatkan anda pada saat terima uang. Misalnya buatlah surat tertulis kepada orang yang mengelola dana sosial. Kalau anda seorang pegawai, buatlah surat kepada bagian panggajian supaya memotong sejumlah tertentu untuk diserahkan kepada pihak yang anda tuju. Jadi begitu pembayaran masuk langsung dipotong.

Cara yang agak aneh adalah meminjam terlebih dahulu. Mungkin ini cara agak konyol atau unik. Misalnya saat ini anda naitkan memberi sedekah kepada yayasan yatim X 200 ribu apabila menerima gaji bulan depan. Anda bisa pinjam dulu kepada teman sejumlah yang anda maksud kemudian serahkan kepada yayasan tersebut. Pada saat terima gaji giliran anda membayar utangnya. Gimana, mudah bukan?

Selamat mencoba…..

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: