Stress Penyebab Ketombe

ashley371600x1200
JANGAN remehkan stres berkepanjangan. Jika tidak segera diobati, dampaknya akan timbul ketombe akut yang sulit diobati.

Secara alamiah, setiap 3 minggu atau 28 hari terjadi proses ganti kulit di kepala. Pada kurun waktu tersebut, seseorang sudah mempunyai kulit baru di kepala. Mengenai masalah ketombe yaitu lepasnya kulit mati di kepala dalam waktu cepat atau kurang dari 3 minggu.

Masalah kulit kepala memang beragam. Mulai rontok, kulit kepala berminyak, sampai ketombe. Semua punya gejala dan penyebab. Dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr Bambang Dwipayana SpKK mengatakan, ketombe (sindap, kelemumur) adalah pengelupasan kulit mati berlebihan di kulit kepala.

“Problem ketombe sebenarnya banyak terjadi, tetapi yang gejalanya berat sebaiknya perlu berobat ke dokter,” kata Dwipayana yang berpraktik di Global Awal Bros Hospital.

Dwipayana menuturkan, kulit kepala mempunyai struktur yang sama dengan kulit tubuh lainnya, tetapi mempunyai folikel rambut yang besar. Pada kulit kepala, dermatitis seboroik atau ketombe sering menjadi masalah.

Penyebabnya, Dwipayana menyebutkan, karena kulit berminyak atau adanya produksi sebum berlebihan, kulit kering (akibat rendahnya kadar air di kulit kepala), terjadi radang kulit kepala akibat produksi dari jamur malas sezia, bahan iritan, cuaca panas, dan kelembapan tinggi.

Penggunaan kosmetik rambut yang mengandung bahan penyebab iritasi itu, bisa menimbulkan ketombe. Selain itu, sampo yang mengandung detergen (sodium lauryl sulphate) dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, faktor genetik dan adanya penyakit kulit (psoriasis, eksin) bisa juga memengaruhi timbulnya ketombe.

“Mengalami stres akan memperberat gejala ketombe. Faktor lain yang memperberat timbulnya ketombe adalah penyakit lain (misalnya: neurologic disease dan HIV dan musimpanas,” ujar dokter yang praktik di klinik Harmonia (klinik khusus kulit).

Stres bisa menjadi pemicu, Dwipayana menyebutkan, karena saat itu akan mengalami peningkatan pada hormon androgennya, yang kemudian berlanjut dan pemicu timbulnya kelenjar minyak berlebih hingga menyebabkan kulit kepala mudah lepas.

Beberapa jenis makanan juga bisa memengaruhi keparahan ketombe, seperti mentega dan makanan yang digoreng. “Es krim, susu, keju, refined sugar (gula pasir murni) dan makanan yang terlalu panas, pedas juga menjadi makanan yang memicu ketombe,” ujar dermatolog yang juga praktik di RS Karya Medika Tambun, Bekasi.

Untuk gejala timbulnya ketombe, dokter lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini mengatakan, itu karena adanya sisik kulit yang rontok di antara rambut kepala. “Ketombe tidak mengancam jiwa, tetapi dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang,” sebutnya.

“Dalam hal mengatasi masalah kulit kepala yang sering kali gatal karena ketombe, harus dilakukan terlebih dahulu mencari tahu apa sebenarnya sumber penyebab ketombe. Setelah mengetahui, pilih cara mengatasinya,” pesan Dwipayana.

Dokter spesialis kulit Dr Lilik Norawati Ashadi SpKK menuturkan, ketombe (dandruff, pitiriasis sika) juga menjadi penyakit paling banyak pada masalah kulit kepala. “Ketombe merupakan kelainan pada kulit kepala berambut yang ditandai oleh sisik-sisik berjumlah banyak, kadang disertai rasa gatal,” ujar Nora sapaan akrab Lilik Norawati.

Dia juga menjelaskan, gejala ketombe ini ditandai oleh warna kemerahan pada kulit dengan batas tidak jelas disertai sisik halus sampai agak kasar, dimulai pada salah satu bagian kulit kepala, kemudian meluas hingga seluruh kulit kepala.

Nora menuturkan, makanan juga memengaruhi timbulnya ketombe. Faktor nutrisi yang berperan adalah defiensi biotin, abnormalitas metabolisme asam lemak bebas, serta defisiensi riboflavin dan piridoksin.

(sindo//tty)

Sumber : Sindo

2 Tanggapan

  1. Promosikan artikel anda di http://www.infogue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus online untuk para netter Indonesia. Salam blogger!

    http://psikologi.infogue.com/stress_penyebab_ketombe

  2. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal Psoriasis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/21/obat-psoriasis-adalah-transfer-factor/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: