Kewajiban Sesama Muslim

Oleh Jaiman

Indahnya persaudaraan dan bermasyarakat dikarenakan kita saling menghargai, saling mencintai, saling membantu dan memenuhi hak dan kewajiban. Rasulullah berpesan kepada istri-istrinya untuk memperbanyak kuah masakan untuk dibagikan kepada tetangganya.

Memperanyak kuah sebagaimana dimaksud rasul adalah, keperdulian kepada tetangganya dalam arti luas. Apabila kita memiliki kelebihan rezeki jangan lupa kepada tetangga kiri dan kanan, mungkin diantara mereka ada yang tidak memiliki makanan untuk hari ini. Bisa pula kepedulian ini dalam bentuk non makanan, misalnya kesehatan dan beban hidup lainnya. Mungkin tetangga kita sedang mengalami kesulitan karena sakit. Siapa yang paling memahami kesulitan bersosial selain tetangga?

Dalam hadisnya rasul berpesan 6 hal, agar sesama muslim benar-benar bersaudara dan memiliki kedekatan batin yaitu:
”Dari Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (artinya = semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)”. Riwayat Muslim.”

Mari kita pahami pesan rasul satu perstu;

  1. ucapkan salam apabila bertemu. Salam adalah doa, yaitu doa yang kita panjatkan kepada Allah ta’ala kepada saudara muslim yang kita jumpai. Sanngat indah persaudaraan diantara sesama muslim di mana kita saling mendoakan pada saat bertemu.
  2. memenuhi undangan. Memenuhi undangan merupakan kewajiban sesama saudara muslim. Selama tidak ada uzhur yang dibanarkan secara syar’i., kita wajib mendatangi undangan. Misalnya undangan walimah nikah, walimah khitan dan undangan lainnya.
  3. berilah nasehat yang baik. Apakah diminta atau tidak kalau memang nasehat tersebut dibutuhkan selayaknya kita memberikan nasehat. Adalah kewajiban kita untuk menyebarkan amar ma’ruf nahi munkar. Kita bisa memulainya dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya pada tataran sosial yang lebih luas. Sesama muslim harus saling manasehati sebagaimana firman Allah swt. . “Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam, kerugiankecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.(QS. Al Ashr 2-3). Sesungguhnya saling nasehat-menasehati juga merupakan tanggung jawab diantara sesama manusia sebagai bentuk tanggung jawab moral. Diantara kita, kadar keimanan mengalami pasang surut, dan kita tidak tahu persis darimana sesungguhnya nasehat itu mengalami kristalisasi, tetapi dengan saling menasehati minimal akan menjaga kadar keimanan diantara sesama muslim.
  4. membalas ucapan bersin. Rasul mengajarkan kepada umatnya untuk mengucapkan Alhamdulillah kepada orang yang bersin dan membalas dengan ucapan, yarhamukallah (semoga Allah memberikan rahmat kepadamu). Sama dengan ucapan salam, membalas yaitu sesama saudara muslim saling mendoakan dan memohonkan keselamatan.
  5. menjenguk orang sakit. Ini perintah yang sangat luar biasa dari rasul. Betapa kita sesama muslim sangat kuat tali persaudaraannya, terutana pada saat mengalami kesulian. Bukan hanya pada saat berbahagia saja (misalnya walimah dan syukuran) kita mengundang saudara seiman, pada saat mengalami musibah dan kesulitan juga diwajibkan saling berempati.
  6. mengantarkan jenazahnya. Antarkan saudaramu ke tempat peristirahatan terakhir sebagai bentuk penghormatan diantara sesama manusia. Menghormati manusia adalah bagian dari menghargai kamanusiaan. Menghargai manusia lain. Bahkan Rasul menghormati jenazah semua manusia walaupun bukan muslim.
About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: